Monday, September 17, 2007
Tiff dan Icen tambah hari makin suka nanya. Ngga pas jalan2, pas mau tidur, pas mandi, pas liat tipi, pas makan, semua di selalu diwarnai dengan pertanyaan. Gua sih rada2 termasuk yg kurang sabaran, tapi masih jauhhh dibandingin misua. Kalo udel gua lagi ditengah, pasti gua berusaha jawab semua pertanyaan mereka. Ada kalanya mereka itu nanya ga pake giliran, tapi berebut..udah jawab 1 org yg nanya aja mumet, palagi kalo nanyanya pake rame2. Contoh pas lagi di mobil + sambil nyetir.

Icen : mommy, kalo wiper itu satu aja bisa ndak ?
Aku : (sambil mikir, perasaan gua selalu liat mobil pake 2 wiper) Rasane ga bisa cen, wiper tuh mesti 2... pas jawab, Tiff nyelonong nanya
Tiff : Mommy, aku lagi baca tulisan di papan itu...betul ndak ?
Icen : cie-cie.....stop talking, aku tanya sama mommy belum selesai....kamu jangan tanya dulu
Tiff & Icen : berantem
Mommy : Udah kalo ribut aja mommy pulangin biar tau rasa *nguamukkk mode on

Kalo gua lagi puyeng, gua selalu pake jurus pamungkas "udah diem dulu, mommy lagi pusing". Heheheh, gini2 gua masih mending dibanding misua. Misua tuh kalo pas lagi liat tipi, ditanyain mulu ama Tiff dan Icen. Dia selalu pake jurus pamungkas, dgn jalan nyogok anak2nya dg makanan. Ayo fan, makan dulu kue-nya di sofa, hahahah...dasarnya tiff kalo kena makanan, sudah lupa daratan.

Pernah suatu hari misua, krn ga sabar langsung marah gara2 ditanyain terus2an. Gua ga mau kalah, juga ikutan marah...tapi bukan sama anak2 sih, sama bapaknya. Gua bilang ,"lu tuh ga bersyukur deh, punya anak cerewet/ banyak tanya, itu berkat tau". Kamu mesti sabar, belajar sabar (gua pas sambil marah2 ini, sekaligus marahin diri sendiri juga) hheheheehe. "kamu lupa yah, kalo cerewetnya FanVin itu warisan dari dirimu, wakakkaaka". Misua jadi diem sambil senyum2.

Gua nih, dah kenal misua sejak jaman taman kanak2, tepatnya kita 1 sekolah minggu sejak kecil. Pernah suatu hari, kita ikutan retreat gereja pas masih SD, kebetulan misua waktu di mobil duduk tepat di sebelah aku. Wah, dari berangkat sampe tempat tujuan, ngomong mulu, sampe dalam hati gua ngomong "nih anak koq cerewet banget sih". Bener2 nggak nyangka ternyata cowok kecil doyan ngomong ini, gedenya jadi belahan jiwaku.

Masalahnya pertanyaan anak2 ga selalu mudah utk dijawab, apalagi kalo nanyanya pas sambil nyetir. Ini salah satu pertanyaan Tiff yg butuh penjelasan agak panjang.

Tiff : mommy orang itu kalo mati, dikubur dimakan sama ulet yah ?
Aku : Iya fan *kaget mode on
TIff : apa dia ngga nangis2 digigitin ulet ?
Aku : ya kalo orang dah mati nggak ngerasain apa2 lagi
Tiff : koq bisa gitu yah ?
Aku : *muter otak...gini fan, orang itu terdiri dari 2, badan dan satunya lagi roh/ jiwa
kalo orang mati badannya aja yg mati, tapi roh/jiwanya kalo anak Tuhan, sudah ada di surga
Kalo roh/jiwanya, udah ga ada di badan lagi, ga bakal merasakan sakit, sedih. Tapi kalo masuk surga, roh/jiwanya yg akan senang, krn di surga itu bagus, enak, bisa makan macem2 (heheheh, makan2 lagi deh ceritanya)

Pertanyaan anak2 ttg kematian sering timbul, krn misua ngurusin diakonia (yg salah satunya ngurusin orang mati). Bolak balik bapaknya ke adijasa (tempat persemayanan jenasah) palagi kalo lagi musim orang meninggal. Mungkin menjadi tanda tanya besar bagi fanvin, apa itu kematian dan kenapa org bisa mati. Suatu hari misua pernah ngajakin anak2 ke kembang kuning. Di sana misua nunjukin kuburan akong-ama (papa & mamanya misua), jg sepupu FanVin yg meninggal ketika usia 5 bln.

Tiff : mommy akong dan ama (dari aku), sudah tua yah ?
Aku : iya tapi nggak terlalu tua sih, kenapa fan ?
Tiff : koq mereka ngga mati ?
Aku : hush jgn ngomong gitu, biasanya kalo org tua sekali baru mati, tapi anak2 juga bisa mati, karena sakit atau kecelakaan. Tergantung kapan Tuhan mau manggil pulang anak2nya.
Tiba2 Icen nyeletuk: Kalo aku gede, aku pingin mommy dan daddy masih ada, supaya bisa temenin dan jagain anakku *terharu mode on

Moga2 Cen, Tuhan mengabulkan keinginanmu dan keinginan mommy-daddy, dan semoga kita jadi ortu yg sabar dalam menjawab segala pertanyaan kalian.
 
posted by fanvin at 8:47 AM |


12 Comments:


At 10:46 AM, Blogger Bundanya si Mamat

waduuhh Ly... bersyukur tuh pertanyaan masih gampang... bantuin gue dongg ngejawab pertanyaannya si Mamat!! HELPP!!!

 

At 10:46 AM, Blogger R.e.t.h

Cailaahhh...
dah mengenal misau since Teka?? Ckckckckck...manteebbbb, salute...salute

Btw,
anak jago nanya tuh lumayan bikin otak qta juga berkembang lho ce, mikir gimana caranya ngasi jawaban ke mereka, jadi dua pihak sama² pintere, hehehehe

 

At 11:19 AM, Blogger Yenny Lesly

tentang Win, aku no komen deh. Hahahaha...

 

At 11:48 AM, Anonymous Anonymous

haduhh Ly kebayang deh, aku yg punya anak 1 aja dah pucing palagi ada 2 yak? bisa bebusa ini mulut. wkwkwkwk..

 

At 2:40 PM, Blogger Ira

hehehe cerewet tanda pinter lho.... :D

 

At 5:08 PM, Blogger Susan Harsono

asal ga tanya gini ly :
"mommy gimana caranya bikin adik ya? "
xixixixixi...
***kabuuuuur....***

 

At 6:42 PM, Blogger felyina

Wah? Ngurus anak iku susah yo ce?

 

At 12:45 PM, Anonymous Anonymous

Shereen : hehehe, iya sher...pertanyaan mamat advance level tuh, nyerah aku :P
Reth : iiya reth, kan konco sekolah minggu :)
Yenny : kamu sampe kalah yoo ?hhehehe
Dewi : kalo dah 2, minta bantuan zen dong :)
Ira : bentar lagi deh ir, gua tunggu jagoanmu
Susan : bikinnya...bim salabim, beres deh
Fely : ndak koq fel..."guampang"

 

At 9:59 PM, Blogger Yossy and Ling

hehehhe... pertanyaan sama. gw takut di kubur ma di bakar. enaknya di apain li? wakakakak...

 

At 9:27 AM, Blogger april

ly ada kok mobil yg wipernya cuman satu. trus emang ada gitu musim org meninggal...hehhehe iya ly kita emang kudu suabar sak sabar2e, s dinka skrg lg di tahap pertanyaan berulang....duh sing sabar...:D

 

At 10:35 AM, Anonymous Anonymous

ling : kalo gitu di balsam mau ? hehehe jadi mummy
April : iya pril, aku jg tau ne dikasih tau icen, katane bemo itu wipernya 1..hehehe. iya kalo musim panas..biasa kan musim orang meninggal. Kalo ngeliat kamu sih, pasti suabaarrr

 

At 10:24 AM, Blogger Hendri Bun

Mau komen yang satu ini, tapi udah keburu dikomen Susan. Iya tuh, kalo ditanya beneran gimana jawabnya. Hayooo ...

anak2 sekarang emang rada2 cerdas dan kritis yah. Jadi sebagai orang tua emang harus punya pengetahuan yang ekstra neh ... Makanya, perkuat hobi baca buku Ly ;)