Tuesday, July 31, 2007

Berkaitan dengan antusias pembaca blog yg penasaran dengan bebek Surabaya (diantaranya kebo yogya & koki dari pwkt), kali ini saya turunkan tulisan kuliner ttg bebek goreng. Bebek goreng disini, lain lho dengan bebek peking (yg tentunya jg ada di resto2 di sby). Aku sendiri lebih demen bebek lokal dibanding bebek import, asal bebeknya cowok..hahahaha.

Benere ada 3 jenis makanan yg sering bikin daku kalap, yaitu bebek goreng, babi guling dan nasi padang. Gua kalo udah berhadapan dengan 3 jenis makanan ini, gua suka lupa daratan bin lupa ingatan kalo bodi udah oversize. Lah gimana, nasi sebakul bisa abis buat temen makan bebek, bigul dan nasi padang.

Kali ini gua bahas ttg bebek goreng aja karena bebek goreng yg enak2 banyak di temuin di sby, lagian kalo bahas bigul….yo sungkan ama nenek bali, demikian jg kalo bahas nasi padang…pasti resensinya kurang tocker. Ada beberapa tempat penjual bebek goreng yg pernah aku coba, ada yg rasane uenak banget bikin merem melek, ada yg rasanya tergolong biasa2. Tapi emang sih kalo ngomongin tentang makanan itu relative banget. Kalo makannya setlh puasa 3 hari 3 malam, pasti apapun jadi enak.

Urutan bebek goreng terenak di Surabaya menurut Lily adalah :
1. Bebek Tugu Pahlawan (Hero Duck)
Kenapa di sebut bebek tugu Pahlawan ? krn lokasinya tepat didepan tugu pahlawan, ancernya tuh warung ada dideket BCA Pahlawan. Warungnya mulai buka sekitar jam 6 malam, nungguin setlh ruko2 didekatnya tutup, krn warungnya ini memakai lokasi emperan ruko2. Kalo mau kesini sebaiknya di jam 6 sore saja, krn kalo diatas jam 6, ramenya gila2an deh. Gua aja kalo ngantri sering sebel, apalagi ngantrinya sambil kelaperan. Kalo datang jam 9 malam, siap2 saja gigit jari krn kalo udah jam segitu biasanya tinggal jerohan/ pretelan (potongan kecil2). Bebek disini merupakan bebek versi madura…krn penjualnya org madura. Sambelnya ada 2, sambel garam dan sambal tomat. Gua paling suka sambel garamnya (cabe digerus pake garam kasar). Mengenai bebeknya sendiri, enak renyah tapi empuk. Secara harga jangan ditanya deh….murah banget. Dengan duit sekitar 7-8 ribu udah dapat sepotong bebek super (big size) + nasi putih.

2. Bebek HT
Bebek HT ini merupakan singkatan nama orang, tapi gua lupa apa kepanjangannya. Bebek HT mulanya berlokasi di karang empat. Secara tempat jauh banget dg rumahku, tapi seiring kemajuan bisnisnya…nih bebek berhasil mengepakkan sayapnya hingga ke 4 wilayah sby. Lokasi terdekat bisa dijangkau cuman 10 menit dr rumah aku. Tepatnya dia buka cabang di jalan Kupang Indah (didepan depot bu Rudy). Tapi cabang yg ini cuman buka sore hingga malam, krn kalo pagi hingga siang tentu saja dipakai ama bu Rudy. Ttg bu Rudy sendiri, cukup terkenal dg sambal + nasi udangnya. Tapi krn bahasannya ttg bebek, ya maap kalo smtr bu Rudy disingkirkan dulu. Bebek HT ini sambelnya model sambel digoreng, dr rasanya kelacak pake tomat + bawang. Bebeknya empuk, sambelnya uenakkk. Gua selalu nyesel kalo abis makan disitu, krn gua selalu abisin 2 piring nasi. Secara harga bebek HT ini tergolong agak mahal, 1 potong bebek supernya 10rb, bebek biasa 9 rb. Mungkin kita perlu nyiapin duit 15 rb utk 1 potong bebek+1 nasi putih + teh manis.

3. Bebek Perak/ Bebek Yudi
Bebek ini berlokasi dideket Tj. Perak, dermaganya Sby. Tapi dia ada cabang di depan SMA Frateran. Gua cuman bbrp kali makan disini, mungkin baru 3-4 kali. Dikenalin bebek ini tentu saja ama misua yg ex. SMA Frateran. Dia promote kalo bebeknya uenak polll. Tapi ternyata menrt gua sih..enakan hero duck. Bebek Perak sealiran dg bebek Tugu Pahlawan, krn 2-2nya berasal dari gagrak madura. Tapi yg special dari bebek perak adalah sambelnya, sambelnya merupakan kombinasi cabe yg digodok dikasih parutan mangga muda + garam. Bebeknya sendiri ga seempuk bebek tugu pahlawan, tapi rasanya boleh juga lah.
4. Bebek Papin
Bebek ini berlokasi di jalan undaan, yg deket2 ama belokan ke jl.kalianyar. Gua baru 1x makan disitu, krn lokasinya deket banget ama dokter kandungan yg biasa aku pergi. Krn yg makan disitu banyak, dan cukup terkenal akhirnya aku cobain juga. Secara rasa gua tetep menjagokan bebek tugu pahlawan, hehehe..apalagi utk bisa beli dan makan disitu, butuh perjuangan keras.

Tentunya masih banyak tempat jualan bebek lainnya, selain ke 4 tempat bebek yg pernah aku singgahin. Walopun gua suka banget dg bebek goreng, tapi gua sebisanya utk tidak sering2 makan makanan yg satu ini. Krn bebek mengandung kolestrol tinggi, jg buat yg asam urat ini merupakan barang haram. Ada lho temen kantor aku yg hampir tiap hari makan bebek, ga lama dia disuruh ngamar ama dokter di RS, krn kena asam urat yg parah. Gua sih kalo secara sadar bisa ngerem, tapi yg susah kalo misua atau ipar gua yg beli terus di pajang di meja makan. Nah kalo sudah disediakan spt ini, ya mubazir kalo di sia2kan…hahahhaa.

Selain bebek masih banyak makanan di Sby yg enak2 dan murah2, krn boleh dikatakan gudangnya makanan enak. Kalo ke Sby ga ada tempat wisata yg menarik selain wisata kuliner (wisata perut/ mulut). Mungkin yg agak mendingan ke BonBin, krn kebun binatang sby denger2 yg paling besar di Asteng, ga tau lagi bener atau tidaknya. Tapi yg pasti jaman skrg orang2 lebih milih ke taman safari daripada ke kebun binatang. kenapa yah ? hehehe mungkin saja kalo ke BonBin lebih bau, bau pipis dari binatang2 dan mesti jalan kaki. Pdhl menurut aku ke kebun binatang asyik juga, asal tidak di hari minggu atau hari libur, krn dihari libur/besar rame banget. Gua sendiri paling ga tahan kalo liat org banyak lgsg deh migrainku kumat.

ok, buat rekan blog, silakan datang ke Surabaya, nikmati sensasi masakan jawa timur !
 
posted by fanvin at 10:24 AM |


15 Comments:


At 12:47 PM, Blogger Susan Harsono

Bebek Palupi di rungkut, trus yang di tenggilis ya enak juga :))

 

At 3:07 PM, Blogger R.e.t.h

Walahh...
koq mbahase bebek seh, aku ga doyan bebek eh...eh tapi bebek depan tugu pahlawan emang enaakk, soale ga keroso alot daging'e en ga amis, hehehe..

Kalo ngebahasa nasi en sambal udang bu Rudy mah kaga perlu lagi ce, soale wes dibahas entek2an ambek Dewi, huehehehe..

Mari qta galakkan wisata Surabaya, mak nyuusss!! :))

 

At 3:56 PM, Blogger Ngeborong

huaaa gue doyan banget nasi bebek..
DUlu di sby sebulan gue tiap hari makan itu kekeke
kapan ya gue bisa makan lagi..
itu aja gue beliinya yg di depan pasar turi..
jadi penasaran ama bebek tugu palahwan..
Kapan yak???

 

At 3:32 PM, Blogger Yossy and Ling

aku denger dr temen2ku yg dulu kul ndek sana nek yg paling enak tuh yg ndek tenggilis itu. secara, aku ga suka bebek. wueksss* ga enak:(

 

At 4:00 PM, Anonymous Anonymous

itu bebex montok banget keliatannya.. tapi ogut gak doyan tuh amaa bebex

 

At 9:53 AM, Anonymous Anonymous

aduh Ly....teganya....
aku suka banget makan bebek...
dr listmu aku cuma tahu yg karang 4 (maklumlah udah lama banget ngga ke sby)
Susan Rissaniel

 

At 3:47 PM, Blogger april

gw doyan bebek...misua lebih doyan lg :) tp emang ngga boleh kebanyakan apalagi umur dah nambah hehehe

 

At 12:42 PM, Anonymous Anonymous

Buat yg ga doyan bebek : udah coba belum yg di list gua ? hahaha, kalo belum coba, setlh coba dijamin ketagihan deh
Buat yg doyan dan tdk berdomisili di sby : silakan ngiler ..huehehehehe

 

At 3:18 PM, Blogger yosefin

asiiik makan sego bebek goreng!! Ce ly, kapan2 kita wisata kuliner bebek goren yuuk!! Keliling Sby, ce sue ikut ya?

 

At 8:55 AM, Blogger Yenny Lesly

Bebek itu binatang yang lucu, sering jadi tokoh cerita di film kartun en buku cerita anak-anak.

Suaranya merdu, kwek..kwek... pantatnya besa sering megal-megol... bebek juga terknal, sampe-sampe donald bebek ada di mana-mana...

Kok tegaaaaaaaaaaaaaaa gituuuuu lohhhh maem bebek :((

 

At 4:01 PM, Blogger Ira

weehhhh..nggara'no ngeces ae

 

At 4:03 PM, Blogger Ira

tersepona karo bebek..malih lali takon.... misua ex-Frateran tahun piro??? hehehehe aku ya frateran soale... :P

 

At 9:23 AM, Anonymous Anonymous

yenny : hehehe, lu banyakan nonton pilem sih, jadi ga tega :D
ira : dia angkatan 92 ir...lahiran tahun 73, kamu angkatan berapa ? 45 yah ? heheh

 

At 11:20 AM, Anonymous Anonymous

ly .. buka warung bebek di spanjang yuk -P

 

At 4:34 PM, Blogger felyina

Huhuhu..... jadi kangen nasi bebek depan RKZ nih! Huhuhu....., wes 6 bln gak pulang SBY iniiiiii......