Thursday, July 26, 2007
Mau ngapdet apa yah, hmm *garuk2 mode on. Hmm gini aja deh…gua cerita ttg progress Tiff dan Icen yg barusan sekolah. Barusan gua dilaporin pengasuh Icen kalo ada pesen dari gurunya Icen, yg bilang Icen belum bisa nulis namanya sendiri. Waktu gua denger info itu, gua jadi gatel jg utk ngga nanggepin. Lah wong masuk TK-A ya wajar kalo ga bisa nulis, ga bisa baca…wong Icen diajarin A-Z aja ga mau. Dulu seingat aku, pas Tiff dulu masuk TK-A jg belum bisa tulis nama, even dia udah ngeh A-Z… tapi dia belum bisa pegang alat tulis dengan baik. Mulanya gua jengkel jg, tapi setlh inget2 Tiff dulu gua jadi adem. Krn mungkin gurunya pingin nunjukin pada awal masuk TK-A kan dari ga bisa pegang alat tulis dan tulis nama diharapkan setlh kenaikan TK-A doi bisa baca even kalimat2 sederhana.

Tiff skrg udah mulai bisa baca2 kata2 sederhana. Kapan hari misua udah wanti2 utk ga naruh barang2 berbahaya secara sembarangan. Contohnya naruh kondom. Misua udah bilang, ati2 lho anak2 udah mulai gede, jangan taruh kdm disembarang tempat. Ternyata tetep aja walopun aku dah berhati2, tetep masih lupa nyimpen dengan bener, alhasil..kapan hari Tiff nemuin kotaknya didekat tipi…langsung deh dia tanya…daddy dure…x ini apa dad ? Hhahaha, daddy nya lgsg deh bilang..oh itu obatnya org gede....untung deh dia bisa lgsg jawab secara spontan. Misua sampe pas cerita ke aku dia nya mesem2…waduh kalo udah bisa baca, gawat jg ternyata.

Balik ke urusan pendidikan anak2. Kapan hari gua baca di rubrik konsultasi psikologi di harian jawapos, ada ortu yg mengkhwatirkan anaknya yg berusia 4 thn, tapi belum bisa baca tulis. Si ibu ini pusing bin khawatir krn dia membandingkan dengan keponakannya yg belum 4..tapi sudah lancar membaca, berhitung, dll. Pas baca keluhan ibu ini, gua jelas jengkel..(untung pikiran gua sama dengan jawaban dari psikolog pengasuh rubric tsb), psikolog nya jawab….anak 4 tahun itu masanya bermain bu…jgn dipaksain harus bisa baca tulis..dll. Kalo anaknya bisa ya syukur…kalo ga bisa ga perlu dipaksain. Itu emang masa dia bermain2. Gua setuju banget…apalagi kesuksesan seorang anak di masa depan, ngga melulu ditentukan dengan suksesnya dia dibilang intelektual. Kenapa yah dijaman ini ibu2 fokusnya dibaca tulis…apa yah kalo lancar baca itu pasti ke depannya ok, apa iya kalo dari kecil sudah pinter berhitung nantinya pasti jadi pengusaha sukses..heheheh.

Emang mungkin secara kitanya sendiri tidak berprinsip spt itu, tapi jikalau..standart sekolah2 yg ada di indo spt itu…nah ini yg bikin pusing. Aku liat ada bbrp sekolah di sby, yg mengharapkan siswa baru di kelas TK-A sudah bisa baca tulis. Kalopun diterima tapi belum bisa baca tulis, kelasnya dibedain..kelas anak TK-A yg bisa baca, dg kelas TK-A khusus yg belum bisa baca. Waduh…koq parah gini yah...Ada jg yg anaknya diles-kan baca tulis dulu sebelum masuk TK. Ini mah, enaknya gurunya dong…harusnya gurunya yg harus ngajarin spy murid bisa baca tulis, bukan terima matengan. Gua jadi keingat Susan, temen blog yg harus bekerja keras ngajarin anaknya pas menginjak SD kelas 1 (skrg si Oline udah kelas 3 kalo ga salah), juga Angie anak Dewi yg baru kelas 1, tapi isi tasnya udah banyak berisi buku2.

Selama ini Tiff dan Icen sekolah di nasional plus, mungkin ga terlalu berat dibandingin dengan sekolah2 biasa, krn ga semua mata pelajaran di sekolah umum diajarkan disini. Cuman next year Tiff harus masuk ke SD…nah ini jadi pergumulan aku, mau diterusin di sekolah umum (macem Petra, Gloria, dll) atau tetep di nasional plus. Ada plus minus antara sekolah umum vs. sekolah nasional. Sepertinya kalo di nasional plus anak menjadi tidak stress, karena mereka lebih tidak ditekan untuk berkompetisi secara akedemik, krn banyak hal2 yg berkaitan dengan kreativitas & seni digali disini, jadi ngga melulu bidang akademik.

Tapi…kita kan tinggal di indo, bukannya kalo tinggal di Indo harus dibiasakan stress ??? lah nantinya dilapangan kehidupan, misal di dunia kerja atau di masyarakat kita banyak bersinggungan dg stress ini. Wah…makin dipikir makin pusing deh, help dong…temen2 blog, kalo ada masukan2, krn aku masih punya waktu 1 tahun ..oopss mungkin cuman 6 bln krn biasa pendaftaran sekolah2 umum paporit itu close di bulan Feb/ Mar.
 
posted by fanvin at 11:55 AM |


10 Comments:


At 1:04 PM, Blogger Susan Harsono

weh..kebangetan emang TK A disuru belajar nulis. Aku sih biar2in Ly anak2 akan bisa sendiri wkt liburan sekolah naik kelas 1.
sekolah2 kristen yg umum sekarang juga udah ngubah cara belajarnya kok Ly, dan yg pasti guru2nya udah pengalaman. Kalo menurutku sih begitu, nasional plus unggul di bahasa..

 

At 2:39 PM, Anonymous Anonymous

hahaha.. jangan jengkel jengkel Ly, nyantai aja... let it flow. Icen kan masih TK-A wajar banget blon bisa nulis namanya. :)

Angina sih dari PG ampe sekarang happy² aja ama skulnya, ga ada beban.. malah sekarang dia bilang enakan di SD.

Pelajaran di SD menurut gw ga ada bedanya ama di TK, malah lebih berat di TK-B. Ternyata temen gw yg anaknya skul dipenabur juga komplen gitu, katanya buku match-nya kok gampang2 banget., susahan di TKB. hehe... wong sekarang aja belajarnya masih ngulang2 pel TKB. ;)

ayokk Tiff... mo SD mana aja yg penting happy yah.

 

At 3:14 PM, Blogger Yossy and Ling

mene ke tehe :(
wong aku dikit2 malah nanya kamu :(
yah berdoa dulu jadi taon depan pasti wis dikasi kemantapan ati :)

 

At 10:37 PM, Blogger april

duh maap ly gw ngga tau berhubung dinka jg msh PG. tp gw setuju kitanya mau santai tp kok sekolah2 yg bikin murid2 plus emak2nya stres ya :(

 

At 1:20 AM, Anonymous Anonymous

nah...ly kalau di sini beda lagi, anak-anak di TK disini kerjaannya cuma mainan dong....nyanyi udah....beda banget sama di Indo yang lebih keras pengajarannya......ampe binggung deh... makanya di rumah aku jadi ibu gurunya si patrick biar dia ngerti dikit....getu...supaya entar kalau naik kelas satu kagak kaget.

 

At 9:36 PM, Blogger Yenny Lesly

Li, gw rasa sih tergantung anaknya ama gurunya. Bodo amat lah anak bisa nulis ato gak, buktinya si Tristan setaon di PG gak bisa nulis, tapi begitu les seminggu langsung bisa nulis coz dia suka ama gurunya :p

 

At 5:41 AM, Anonymous Anonymous

hehe Lily... tenang aja Li...anakku jg belum bisa nulis.
tiap anak kan beda2, rissa umur 4 bisa macem2, daniel udah 4.5 banyak belum bisa...nanti kan lama2 bisa sendiri hehehhe

yg national plus aja Li....biar anaknya happy...ntar dimasukin yg biasa bukan cuma anaknya, maminya ikut stres ngajarin....

Susan

 

At 10:05 AM, Blogger R.e.t.h

Emang bener sih qta idup di indonesia kudu dari awal dibiasain stress, nah tapi kalo terlalu dini gitu juga ga bagus lah buat perkembangan jiwanya, but for sure sih emang betul juga. Mending dia dimasukin ke sekolah biasa aja, even dari segi kreativitas dan seninya ga banyak2 amat, tapi at least dia bisa lebi bisa belajar untuk berkompetisi, karena dalam hidup semuanya serba kompetisi kan? Udah mah..jangan stres2, jalanin aja dibawa hepi, ya ga ce?

*ngelirik komenku dan komen2 diatas*

Ok..!
Cukup sudah serius2nya...

"dad..dure...x itu apaan ya?"

Bilang dong, itu balon tiup, wakakakakak..

*kaboorrr*

 

At 7:36 PM, Blogger Zsa Zsa

kalo gw lebih milih nasional plus, li. kasian anaknya kalo belon2 udah stress dengan sgl pelajarang yang "kesannya" dipaksakan. belon2 ntar tiff bosen sekolah karena kebanyakan PR, kebanyakan tuntutan. lagian, masih SD ini .. kompetisi tuh mulai dari SMP keatas. so, let her have fun at primary school.

 

At 10:57 AM, Blogger fanvin

Susansby : ada lagi san, unggul di rada nyantainya :)
Dewi : anak2 sih heppi, tapi moga2 maminya jg heppi
Ling2 : hehehe, yo wis..moga2 dpt yg otre..biar bisa kasih saran jg
Pril : biar mak2nya bisa mlaku2 en menikmati hidup yo pril
Vie : lu pasti cocok vi, soale kan guru sm
Yenny : pinjemin gua dong, gurunya titang yg cakep itu, dikontenerin bentar aja
Susan : bener san, mungkin krn cewek dan cowok
Reth :ntar kalo maksa mau niup sendiri gimana ?
Zsa2 : iya tapine di nasional plus...mahal e rekkk