Friday, January 23, 2009

Postingan ini pesenan khusus buat Afien yang sedang hamil....Sekalian juga untuk bumil di jkt, Dewi. Dari bahan2 ini bisa jadi sekitar 2 atau 3 loyang. Pas Tiff ultah kemarin ternyata banyak yang suka, malahan untuk imlekan besok, mamaku nyuruh aku bikin pastel tutup lagi.
Dah gitu, mama minta aku bikin banyak untuk ngasih temen2nya yg udah ngirim2 cem-macem. Tapi dengan berat hati, gua bilangin...gua ga sanggup bikin banyak2 :). Pegel yooo. Kalo untuk event2 khusus sih ok, so...untuk imlek besok, gua dah siapin semua bahan2nya.

Bahan
1. Kentang 12 biji (gede2).
2. Wortel 5 buah
3. Ayam 1 ekor
4. Sosis sopini
5. Maling Kalengan
6. Suun 3 bungkus kecil
7. Susu Ultra 1 liter
8. Telor 4 Butir
9. Butter Orchid 3 pak kecil
10. Keju Cheedar

Bumbu
1. Bawang merah 15 Biji
2. Seledri
3. Pala
4. Merica
5. Gula
6. Garam

Cara membuat Isi Pastel
1. Rebus ayam hingga empuk, kemudian angkat ayam, potong kotak2...sisihkan
2. Potong wortel kotak, rebus...sisihkan
3. Potong sosis sopini
4. Potong Maling kalengan
5. Rendam suun dengan air
6. Tumis bawang merah yang telah di iris tipis2
7. Masukkan susu ultra & air rebusan kaldu ayam.
Komposisi air dan susu kira2 50%:50%. Tapi buat yang suka susu silakan susunya dibanyakin.
8. Masukkan seledri (diikat dulu)
9. Tambahkan bubuk pala, merica, garam, gula.
10. Masukkan semua bahan2 yang sudah di potong (ayam, wortel, maling, sosis, suun)

*. Untuk kuah pastel, atur sehingga komposisi kuah dan isi pas, karena jika kuahnya kebanyakan, maka acara nutupnya bakal ribet. Jika kuah berlebih bisa disendirikan (digunakan saat menghidangkan pastel tutup, buat yang suka makan dengan banyak kuah).

Cara membuat tutup pastel
1. Kukus kentang, Haluskan
2. Tambahkan garam+merica+ butter orchid (3 pak kecil). Aduk hingga bumbu bercampur.

Proses finishing
1. Masukkan isi pastel ke pinggan pirex atau loyang aluminium
2. Telur ayam rebus....belah jadi 2, atur di pinggan yang telah berisi isi pastel
3. Tutup pastel dengan kentang yang sudah dihaluskan.
4. Beri parutan keju di atas pastel
5. Jika ga doyan keju, diatas kentang boleh di poles pake kuning telor...biar tampak kinclong.
6. Panggang pastel tutup dengan oven. Angkat jika penampakan udah kuning kecoklatan.

Mengenai komposisi resep, gua cuman kira-kira, karena supaya mantap mesti pake jurus incip2, tapi yang harus diingat...ngincip2nya jangan keterlaluan...ntar abis sebelum makanan matang.

Ok, selamat mencoba. Buat yang tidak sedang "hamil", boleh mencoba juga.
 
posted by fanvin at 9:45 AM |


1 Comments:


At 10:48 AM, Anonymous Reth

Rasane kok uenaakk ya itu, sampek ngiler aku rek...
ce, kirim satu kerumahku ya, tak tunggu, heheheheh :P