Tuesday, October 21, 2008
Nyambung sharing tentang Icen yang kreatif. Ada 1 hal yang aku pelajari dari pengamatan terhadap anak2. Ada pertanyaan seputar t-a-i-k kemarin, ada yg tanya2 belajar dari mana ? diajarin siapa ? heheeh, susah jawabnya. Karena menurut aku, natur manusia itu justru sukanya malah thd hal2 yang terlarang dan jelek. Kalo pada hal2 bagus biasanya kurang tertarik.
Waktu mandiin icen, dulu dia pernah nanya..kenapa koq perlu pake washlap...terus aku jawab, biar bersih..bolot2nya (daki) biar ga nempel. Denger kata bolot, doi langsung cekikik-an sendiri, sambil diulang2 doi ngomong bolot.

Demikian juga pas dia tau kata pantat, taik, ek-ek. Jadi kalo ditanya, dari mana doi tau kata2 ini, ya jelas dari mamanya, dari teman2nya, dari lingkungan yang tentunya semua itu proses dari pembelajaran kehidupan. Menurut aku sih mungkin ga ada masalah dengan semua kata-kata itu, asal penggunaannya tepat. Nah ini yang skrg sedang kita ajarkan ke Icen, pake kata ditempat dan situasi yang tepat, dan jangan berkata dengan sia2.

Minggu malam kemarin, kita rencana beli burgerman. Burger uenak dijalan bawean 28 yang jadi favorit Tiff dan Icen. Setelah beli, kita rencana bungkus untuk makan di rumah. Yah gimana, wong sby panasnya luar biasa, bakal bisa mandi keringat kalo makan di tempat yang tidak ber-ac. Di perjalanan pulang, mulailah icen..godain cie2nya, cie2 bu-suk (suknya pelan)...terus bilang lagi, cie2 bu-sa. Daddy bu-...sa, daddy bu-suk (suknya dipelanin).
Daddynya pas denger, marah besar. Segeralah dikeluarin 3 petisi. Pertama doi suruh berdoa lgsg minta maaf ama Tuhan karena dah pake mulut utk ngomong ga bener dan jelekin ortu. Ke-2, Icen dilarang makan burger. Ke-3, dalam waktu 7x24 jam, Icen dilarang berpergian ke mall atau sebangsanya.

Kali ini misua marahnya rada2 serem, kata2 yang dipake juga serem...Icen dibilangin, kamu kalo ga jaga mulut, apalagi sampe ngolokin ortu, Tuhan bisa marah. Dan kalo Tuhan marah, akibatnya bisa jelek, ga dapat berkat dan yang parah bisa mati. Tuhan itu baik, tapi kalo nakal kita juga akan dihukum. Sampe rumah, aku ngomong ama misua, apa ga salah ngomongnya, walaupun maksudnya bener, tapi pemilihan kata2nya aku takut bikin icen trauma. Terus Icen diajak papanya doa, sambil minta maaf juga ama Tuhan.

Pas ngeliat kita2 makan burger, Icennya jadi keliatan kasihan banget. Tapi apa mau dikata, aku itu pada dasarnya kurang konsisten, tapi aku liat emang mendidik anak itu perlu konsistensi. Kadang menyakitkan, tapi itu baik buat anak2. Malam sebelum tidur, aku tanyain Icen. Icen, kamu sayang ngga ama daddy ? dia jawab, sayang dong. Terus icen tau nggak, kenapa tadi daddy marahin icen ? Terus dia jawab, iya supaya aku ga dihukum ama Tuhan. Lega deh, dengar jawaban Icen. Mudah2in doi bisa berubah ke arah yang lebih baik. Dan semoga kita sebagai ortu diberi petunjuk dalam mengarahkan anak2 di jalan yang benar.

Gua juga baru denger sharing temen gua, si Adi. Dia barusan ditelp ama istrinya yang lagi marah2, karena anaknya, barusan nyemplungin remote tipi ke sop, terus sopnya di tumplek in. Gimana ? anak skrg ini cerdas2 dan kreatif bukan ? hahahah, lucu karena skrg masih kecil, lah kalo keterusan mpe gede ? amit-amit deeh.
 
posted by fanvin at 1:58 PM |


5 Comments:


At 9:33 PM, Anonymous Anonymous

Ya gitu deh ngebesarin anak jaman sekarang, kalo gak sabar2 bisa darah tinggi. hehehe. . .

 

At 9:13 AM, Anonymous Anonymous

*maap ga nyambung* Burgerman tuh spot kuliner baru yak ce? Bawean ya? Enak??? Mo suru mamaku coba beli ah, nyobain makanan baru :P
Hehehehehe

Ga nyambung tenan iki komenku :D
Buat Icen, besok² ga bole gitu lagi ya nyo, biar ga dimarahin sama papa lagi :)

 

At 3:12 PM, Blogger fanvin

@yen : mama papanya harus sering2 makan seledri ama timun :)
@Reth : heheh, kuliner apaan ? itu cafe cilik ga pake ac, tapi nurut aku sih, burger eee, uenak. Yg pake beef & telur seharga 14500. Bisa pake keju jg...wis pokoke sip lah, tapi inget, ga pake ac lho, tapi free wifi :)

 

At 4:00 PM, Anonymous Anonymous

iya Ly, anak sekarang pinter2. Klo Angina ngomong ngasal aku protes,"Angi.. jgn ngomong yg sia-sia." Giliran aku yg ngasal ngomong, gantian Angi yg protes..."mama kok ngomongnya sia-sia sih?" :D

 

At 12:46 PM, Blogger Susan Harsono

Lily, kemarin kotbah pastor ku di gereja.
jika anak berkata jelek, yg harus introspeksi pertama adalah ortunya:)
krn anak2 belajar dari rumah.
(dari ortu, dari tv) kemudian cek lagi
dari sekolahnya, dari lingkungannya

bener2 pusing ya kalo mereka ngomong ndak betul begitu..kayak kita ini ga isa didik anak :)