Thursday, August 07, 2008
Ga terasa anak-anak sekarang udah gedean. Tiff di agustus ini berusia 6 thn 8 bulan, sedangkan Icen di tgl 26 ini akan berusia 5 tahun. Gua dah naik kelas dari ortu bayi2, menjadi ortu anak2. Ternyata boooo, tantangan mendidik anak-anak itu ga kalah sulit dibanding fase pada waktu mereka bayi. Kegemaran Tiff dan Icen terhadap komputer ataupun TV cable cukup tinggi. Tiada hari yang mereka lewatkan tanpa 2 barang ini. Di liburan sekolah kapan hari, kerjanya ngejoss, main game, liat tipi. Sebelum kecanduan mereka menjadi parah, gua terpaksa mengamankan keyobard dan mouse kompie ditempat yg aman.

Tiff
Bangun tidur dengan mata riyep2, langsung menuju sofa buat nonton tipi, abis gitu disuruh mandi...susah banget. Sepulang sekolah, disuruh bobo susah banget, krn takut pilem2 favoritnya terlewatkan gara2 acara bobo siang. Padahal ujung-unjungnya kalo ga bobo siang, malamnya doi pasti suka marah2. Acara ke sekolah minggu, selalu tengkar dulu ama mamanya, krn urusan pilem lagi.

Yang lebih pusing, selain kemalasan2 diatas (kecuali malas makan tentunya), cara berbicara tiff jadi spt di pilem2, terus gitu doi bakal mengeluarkan jurus2 rahasia jika merasa terancam. Karena efek2 jelek ini, gua larang tiff ngeliat tv cable khususnya chanel cartoon network. Gua kasih kebebasan ngeliat disney chanel. Kalo urusan sinetron anak2 aku emang dah ngerti dari mereka kecil, ga nonton sinetron.

Ternyata kemarin gua dapat laporan kalo tiff masih curi2 liat pilem telly spices, kegemarannya. Alhasil hukuman baru dikeluarkan, baru boleh nonton tipi lagi hingga senin depan. Karena aku pikir Tiff udah gede, aku cuman ngasih larangan lewat omongan, ga pake acara cabut saluran tipi. Semoga hukuman kali ini manjur, kalo masih kaga bisa, yo wis... bye2 TV cable.

Icen
Utk urusan kecanduan, ternyata di cowok banyakan lebih parah. Dulu Icen pernah aku ajak nonton kungfu panda, alhasil..jurus2 di pilem terserap dengan baik. Pilem2 di tipi, macem ben10, naruto...juga diserap dengan luar biasa hebatnya. Efeknya, guru2 di sekolah minggu di jajal dengan jurus2 kungfu, acara berdoa jadi acara pake jurus naruto. Asli pas gua barengi icen di sekolah minggu, gua jadi pingin nagis, lah koq spt ini. Selain efek kungfu, doi jadi gampang marah, apa2 dikit marah langsung keluar jurus2.

Puncaknya terjadi selasa barusan, mogok sekolah. Terus papanya pulang, pantatnya dipukul, Icen sampe minta maaf ngga mau ngulang lagi. Sorenya dapat info kalo doi dilarang liat tipi cartoon network, terus ke dapur ambil pisau pake jurus2. Untung sama pembantu dibujuk...ayo potong keju yooook. Doi akhirnya mau diajak potong2 keju. Pas itu gua lagi dikantor, waktu denger ceritanya gua jadi sedih banget.

Setelah kejadian ini, gua dan misua manggil Icen. Ngasih tau kesalahan2 yang dia buat, terus...ya dipukul lagi..pantatnya. Gua dan misua...asli tidak tega memukul anak, tapi kita berkeputusan kalo emang dikasih tau baik2 tidak bisa, diberi hukuman misal hal-hal yang dia sukai kita larang, masih tidak mempan. Yah harus dipukul. Emang sih pukulan ini pro dan kontra, tapi buat aku sih, yg penting saat kita memukul tidak dengan emosi dan tentunya untuk membuat icen sadar.
Duh...asli bener2 tidak tega ngeliat muka dia pas dipukul, tapi kalo keinget kenakalannya gua juga jengkel banget.

Sesudah itu, bekas pukulan di pantat gua kasih trombopop, terlihat juga pukulan tadi siang udah baikan. Trombopop ini bener2 sakti deh, saat malam sebelum tidur aku check pantat icen dah mulai sembuh, gua sempat khawatir juga gimana kalo buat duduk disekolah masih sakit.
Ga lama gua ajak icen ngomong2. Gua kasih tau, kalo mommy dan daddy itu sayang banget ama Icen, mangkanya kita pukul kalo nakalnya dah keterlaluan. Lagian mommy daddy mukul icen itu hatinya sedih. Terus aku tanya-tanya.

aku : apa icen dendam ama daddy ? pingin bales dendam ama daddy ?
Icen : ngga
aku : Icen tau kan, kalo misalkan nakal terus dibiarkan sama mommy daddy, ntar gedenya bisa jadi apa ?
Icen : penjahat
aku : penjahat itu tinggalnya dimana ?
Icen : di penjara

Yah untunglah dia menyadari dan bisa mengerti kenapa dia harus dipukul. Kemarin acara sekolah berlangsung lancar, sepulang sekolah aku telp, aku tanyain Icen, gimana tadi disekolah ? dia jawab "Good mommy, aku ngga nakal". Ternyata emang ngga gampang mendidik anak itu, perlu pengorbanan, tenaga, waktu juga doa.

Untuk urusan ke gereja, mungkin untuk sementara waktu aku bakalan dampingi dia disekolah minggu, artinya, gua mesti datang kekebaktian pagi hari, terus dampingi Icen disekolah minggu. Untuk urusan les baca, gua mesti juga barengin dia. Abis Icen itu termasuk anak yg superkreatif, diajarin 1 kata, dia bisa cerita panjang lebar..jadi ga fokus lagi di materinya.

Yah gitulah sharing aku tentang anak2, semoga aku dan misua dikasih hikmat oleh Tuhan utk mendidik anak2 dijalan yang benar. Moga2 sharingnya bisa bermanfaat buat yg punya anak, apalagi anak cowok yg aktif banget.
 
posted by fanvin at 12:06 PM |


8 Comments:


At 3:23 PM, Anonymous Anonymous

Jangan terlalu keras Ly, biasa anak-anak emang kayak gitu. Yg sabar yah, jgn capek untuk ngasih pengertian, gw yakin one day pasti mereka ngerti. :)

 

At 4:00 PM, Anonymous Anonymous

hehehhe, iya yang penting itu ngajarin moral dulu ke anak-anak. Gak ada gunanya punya anak cerdas tapi gak bermoral :)

Yenny

 

At 4:40 PM, Blogger Susan Harsono

toss dulu donk Ly hehehe..
TV emang racun
game aku ga beliin buat anak2 dng alasan mereka tidak/belum mengerti apa yg mereka mainkan, selain ngerusak moral juga bikin mereka ga mau belajar (gimana li, ada niatan utk ngringkesi game nya? hahaha)
susahnya krn kita ibu bekerja ga isa ngawasin mereka 100% saat di rumah
kalo aku dirumah 100% TV aku matikan hehehe

 

At 1:57 PM, Anonymous Anonymous

Hadduhh, si Icen mpe bawa² piso sgala gitu kalo marah² ya ce? Serem amat sih, bener² deh tayangan tv jaman sekarang bikin tindakan vandalism jadi parah :(

Kudu diomongin baek² tuh, ga bole kayak gitu, kudu sabar juga sih sbage ortunya ga bole cepet naek darah, pasti lama² juga dia ngerti kok (halah, kayak Retha yg dah pernah jadi ortu aja sok nasehatin sgala :P )

 

At 4:00 PM, Blogger fanvin

Dewi : iya nih gua perlu belajar sabar, ada yg jualan nggak yah? :)
Yenny : setujuuu, jaman skrg banyak org pinter tapi moralnya ga jelas
Lily : ngringkesi game, cuman senin-jumat aja san, hehehe, kalo sabtu minggu masih ok, asal max 2 jam.
Reth : eniwei thanks lah untuk nasehatnya, nasehat yang baik selalu diterima dengan baik koq, kapan isa main di elyon lagi yah ?

 

At 9:38 PM, Blogger Amey

emang ya anak makin gede makin susah di atur, apalagi anak jaman sekarang..

 

At 11:11 AM, Blogger Kemauan

two thumbs for you Li :)
memang kadang kita mesti mukul tp dg motivasi kasih spt itu.
As the bible say :Train a child in the way he should go,and when he is old he will not turn from it.(proverbs 22:6)

 

At 3:41 PM, Blogger fanvin

@amey : iya...godaannya seabrek-abrek mey
@JT : iya, aku rasa, pukulan itu kdg mendatangkan kebaikan. Selamat mendidik anak yahh