Tuesday, March 25, 2008
Liburan sekolah kali ini mayan panjang, hampir 1 minggu. Banyakan kita abisin dg jalan2 dan makan2, kecuali jumat seplg acara jumat agung digereja kita naik ke trawas bentar. Tujuannya cuman naik kuda, sayang banget sampe trawas ujan terus, jadinya...ya makan2 terus pulang.

Hari ini adalah hari terakhir mereka libur, besok dah mesti masuk sekul lagi. Kmrn papanya dah bilang, ikut aja nganterin mommy kerja...mereka lgsg antusias. Jam 7 udah aku bangunin biar aku ga telat nyampe kantor. Di mobil Tiff aku suapin makan misua telor, Icennya milih bobo sambil gigit2 guling ’buluk’ kesayangannya. Mulai deket kantor, Icen bilang ”mommy aku ga mau pulang, aku mau kerja”. Trus gua jawab, ”kamu masih kecil koq mau kerja, mana laku ?”. Dia jawab ”enak kan, kalo kerja, kita bisa dapat uang sendiri2, kalo yang kerja banyak kan dapat uangnya juga banyak”. Kaget jg dia bisa jawab spt itu...”lah terus, kamu kerja itu ngapain ? palingan juga main2 di kantor..hahaha” Tiff ga mau kalah, menimpali ”aku kan sudah bisa pake komputer, berarti aku bisa kerja”.

Gua lgsg keinget ama cie2 misua, yg pernah suatu hari ngajak anak2nya ke kantornya. Di kantor anak2nya pada ngilang, ehhh pas balik...ngasih mamanya duit, tentu saja si mama jadi kaget, ”Lho dari mana uang2 ini ?” terus anak2nya jawab, lho...aku bantuin mommy cari uang kan, terus aku samperin teman2 kantor mommy, aku mintain uang”...hahahaha, ga lama si mama di protesin sama teman2 kantornya, gara2 kelakuan anak2nya yg mintain mereka duit.

Ya bisa jadi krn ortu2 jaman skrg ini terlalu sering cerita ke anak2, ttg susahnya cari uang, jadi dipikiran anak2 mereka tuh pingin jg bisa bantuin cari uang. Lah apalagi jurusnya yg dipake, kdg mereka kalo minta something kan sering pake merengek2, dibilangin duit abis..masih ga percaya juga, malah suruh kita ambil uang di bank, lah dipikir bank itu punya kita apa ?

Aku skrg ini mulai ngajarin Tiff dan Icen utk belajar berbagi, jadi kalo beli apa...sebisanya beli 1 bungus permen, terus dibagi 2. Tapi susahnya, mereka itu pingin pilih sendiri2, dan ga mau jadi 1 selera. Kalo mau gampang2an sih, aku bolehin mereka milih sendiri2, beres di aku...tapiiii, aku ga pingin anak2ku jadi egois, tidak menghargai uang, selalu mendapat apa yg mereka inginkan. Perjuangan ini ternyata tidak gampang, yg seringkali terjadi...acara nangis di supermarket, plus acara marah...gua kadang sampe malu jg marahin anak2 di depan umum. Tapi yah, mungkin ini harga yg harus dibayar kalo mau disiplinin anak. Kdg sangking jengkelnya sebelum pergi bikin kesepakatan, selama acara pergi, tidak ada acara beli2....

Skrg ini mereka ber-2 makin gede, makin ga mau mengalah dan ga mau rugi.
Contohnya :
1. Tiff lagi main game, menurut kesepakatan waktunya cuman 30 menit. Terus gua suruh tutup pintu kamar, terus dia bilang ”krn mommy sudah suruh aku tutup pintu, waktu main gamenya ditambah 5 menit”...bayangkan saudara, acara nawar menawar
2. Kapan hari ortuku ke rumah, pas aku lagi pergi. Tiff lgsg menyambut depan rumah, segeralah dia naik mobil muter2in jalan sama ama-akongnya. Terus ga lama balik, jemput Icen. Icen lgsg nanya sama ama-akongnya ”Ama, tadi cie2 dah diajak muter2 berapa kali ?”, nanti aku muter2nya harus ditambah...dan cie2 harus dipulangin dulu.

Walopun mereka tambah gede, tambah sering berantem...tapi gua jg tetep aja, kangen mereka pas gua tinggal kerja. Misua pernah nawarin, ”kamu pergi aja ama temenmu jalan2 ke mana lah, anak2 biar di rumah”. Gua jawab ”gua mana bisa lah, bersenang2 tanpa anak2, mending itu uang disimpan buat bersenang2 bareng keluarga”. So, kalo aku sih....ga penting tujuannya kemana, makanannya apa... asal kita bisa bersama2 orang yg kita cintai..itulah yg bikin nikmat...mangan ora mangan sing penting kumpul..sorry diralat, mangan enak utowo mangan ora enak sing penting kumpul (makan enak atau makan ga enak yang penting kumpul) . Iki wejangan dari org yg doyan mangan lho...
 
posted by fanvin at 2:14 PM |


7 Comments:


At 8:01 AM, Anonymous Anonymous

setubuhhh, kalo dah jadi emak2 ya pastilah kepentingan keluarga & anak yang di dahulukan...

Yenny

 

At 9:02 AM, Anonymous Anonymous

bener Ly, yg penting anak dan suami bahagia. Yg laen mah nomor sekian dehhh...

soalnya klo anak dan suami udah kecewa sama kita, apalah artinya hidup ini? basi banget kan? Soalnya mereka belahan jiwa kita, separuh napas kita gitu. ;)

 

At 10:57 AM, Anonymous Anonymous

Wah keren tuh anaknya temen ce, mintain duit ketemen² kantor mamanya, wuekekekekek...mantapph! :D

*ngelirik komen Dewi diatas*

Hmpphh.....daleeemm

 

At 6:46 PM, Blogger Yossy and Ling

emang bener ya kalo uda jadi emak2 pasti yg dipikirin keluarga ya

 

At 7:33 PM, Anonymous Anonymous

Haii... Salam kenal yak! Aku setuju banget dgn mendisiplinkan anak biar mereka bisa memahami klo buat dapetin sesuatu itu ada prosesnya. ga begitu minta sesuatu langsung ada barangnya. Emang emaknya jin?? :D Emang selalu ada harga yang harus dibayar, Ly. Tapi itu worth it banget kok!

 

At 1:31 PM, Blogger fanvin

yenny : emang wis kodrat kali
dewi : lu mah dah terbukti :P
Reth : boleh di tiru reth
Ling2 : mangkanya ling..puaz2in deh
Carol : lam kenal jg caroll :)

 

At 6:35 AM, Blogger april

mangan enak ora mangan ora enak sing penting mangan terus hihihiih iya ya ly anak2 smkn gede smkn pinter smkn kritis....duhhhh