Wednesday, February 06, 2008
Ga terasa besok udah sin chia. Sin chia tahun2 belakangan ini kurang terasa buat aku. Mungkin tepatnya setelah ama / emak meninggal, krn sejak ama meninggal, berasa kalo mau kumpul2 saudara itu jadi susah banget. Krn keluarga amaku/nenekku even mereka masih lahir di cina, tapi krn mereka udah kristen, jadi kita cuman rayain imlek dengan makan2 dan bagi angpao, ga pake sembayangan.

Jaman dulul, pas gua masih kecil, yah kira2 sebelum gua sma lah, sinchia selalu menjadi moment yang gua tunggu2. Pada malam sebelum sinchia, keluarga besar papa kumpul di rumah ama, di rumah keluarga besar, gua bakal ketemuan ama hampir semua sepupu aku, selain ketemu orang banyak, di tempat yang sama..tersaji berbagai menu yang ga tiap hari bisa kita makan. Sebagaian makanan di bikin oleh amaku, sebagaian ama sima (ini sebutan utk iparnya ama), sebagaian dibikin oleh asing (istri dari sdr papa), sebagian dibikin oleh mamaku. Wah bisa bayangkan begitu banyak makanan berlimpah. Ditambah minuman yg agak keren pas aku kecil, fanta dan coca cola.

Malam sebelum hari H, selalu jadi malam penuh mimpi. Apalagi yg dimimpiin selain besok spy dapat angpao yg banyak. Pagi2 bangun tidur cepet2 bangun, pake baju (banyakan disuruh pake merah). Dah gitu langsung cari ama, aciek & asing...wis sopo ae yg kira2 bakal ngasih angpao. Kalo sama org yg beda umur jauh..gua harus bilang "teng ho deng siu", mboh artinya apa. Kalo sama yg selisih dikit, kita cukup bilang "Kong Xi sing nien". Kalo waktu masih kecil sih, biasa duit angpao selalu masuk kantong mama dan papaku, tapi sejak ngerti duit..mungkin kelas 3 kali yah. Alhasil kekayaan aku saat ini, mungkin masih ada unsur2 dari pendapatan angpao semasa masih dapat dulu ...heheheh. Krn angpao hanya boleh diterima oleh siapa2 yang belum menikah. Kalo sudah merit kita diwajibkan memberi angpao pada ortu, keponakan2.

Setelah ama meninggal, biasa aku cuman ngerayain bareng keluarga kecil. Papa mama plus keluarga adikku, atau dengan keluarga kokonya misua. Acara makan2 sebelum hari H tetep kami lakukan, paginya...acara salam2an plus bagi2 angpao. Kita jg ke rumah papa mama, selain buat ngucapain kong xi, ngasih angpao, jg untuk menyantap makanan wajib tiap sin chia...misua dan perlengkapannya.

Demikian laporan singkat menjelang sin chia. Buat yg merayakan, selamat imlek, moga makin diberkati dg kebahagiaan, kesehatan dan sukacita.
 
posted by fanvin at 10:33 AM |


1 Comments:


At 3:23 PM, Anonymous Anonymous

met sin chia juga yah Ly.

btw, sama aja Ly... gw jg udah ga ngerasain imlek kayak dulu lagi... klo dulu berasa seru dan dinanti nanti... sedangkan sekarang biasa aja, cuman seneng liburnya doang.. :)