Monday, December 03, 2007
Bicara tentang kesetiaan di jaman skrg ini mungkin dah termasuk barang basi. Kalo pinjem istilahnya Icen, kesetiaan tuh udah tidak ‘kelen’ (keren) blas. Lah kan skrg udah jaman TTM (teman tapi mesra/ teman tapi mesum), hubungan model beginian udah menjadi semacam trade mark. Apalagi dengan jaman internet ini, segala akses yg berkaitan dengan hubungan manusia terbuka dengan luas. Mau digunakan utk hal yang positif maupun negatif, terserah kita masing2.

Ada 1 sharing dari teman seruangan aku yg bernama eddy, yang menyangkut kesetiaan. Ceritanya sangat menyentuh sampe aku inget2 selalu, aku sharingkan sama misua, bahkan sampe aku merasa perlu tulis di postinganku ini.

Ceritanya begini, suatu hari dia dan teman2 sepelayanannya mengunjungi istri dari atasan temannya yang sedang sakit di rumah sakit. Ternyata istri si atasan ini setelah melahirkan anak pertama,.dia mengalami koma. Bayinya lahir dengan selamat, tapi ibunya mengalami koma sejak awal tahun 2007. Tiap hari si suami selalu ke rumah sakit dan menemani istrinya, mengajak bicara dan membisikan ‘janji nikah’…tiap hari lho. Temen2 pasti tahukan kira2 isi dari janji nikah. Buat yang nggak tahu…janji nikah itu isinya kira2, spt ini

“Aku X (menyebut nama diri sendiri), menerima engkau Y (nama si istri) sebagai istri yang sah dan satu2nya, baik dalam keadaan bahagia ataupun susah, dalam kaya ataupun miskin, dalam sehat ataupun sakit, sampai maut memisahkan kita berdua”

Duh waktu denger sharingnya itu, gua udah ga kuat untuk nggak nangis. Tapi untung seruangan cuman isinya 4 org termsk aku, kalo lagi lengkap, jadi kalo nangis kecil2an yo ga bakal isin..hehehe. Aku sampe nanya ama eddy, nangis nggak pas dengerin ceritanya ? Yah ada rasa pingin nangis, tapi di tahan. Lah gimana, tujuan mereka tuh kesana mau doain dan memberikan penghiburan buat si suami. Ternyata malah si suami begitu tegar, malah memberikan semangat kepada orang2 yang mengunjungi. Sungguh sharing yang luar biasa. Waktu cerita ini aku ceritakan ke misua, misuapun sempat terharu. Padahal dia itu orang yg sangat2, tegar.

Gimana dengan keadaan jaman skrg ? Ada banyak cerita yg aku baca di kolom kompas online. Segitu mudahnya orang berpaling dari pasangannya. Dengan berbagai alasan, mulai dari yg si suami kurang kaya, kurang mengerti/ memahami perasaan istri atau bosen sama istri, istri makin gendut, wis pokoknya alasan segudang, bisa dicari buat mencari gebetan baru.

Nulis ttg kesetiaan, apakah aku sendiri udah sangat setia ? heheheh, namanya juga manusia, sangat2..mudah utk jatuh. Apakah aku kuat ? wah aku tidak berani bilang aku kuat…tapi paling ndak, tulisan ini bisa jadi komitmen aku utk belajar setia. Mungkin kalo kita ada di posisi ‘nggak setia’, coba deh pandang wajah orang2 yang kita cintai sewaktu mereka tidur, istri/suami kita, anak2 kita….apakah kita benar2 tega, membohongi mereka ? kalo masih ngga mampu juga, mungkin mesti cari bantuan konselor atau ikutan seminar2 keluarga.

Semoga Tuhan yang mempersatukan dalam pernikahan, Dia juga yang melindungi dan memberkati pernikahan kita semua.
 
posted by fanvin at 9:17 AM |


7 Comments:


At 11:01 AM, Anonymous Anonymous

Aminnn. Smoga Tuhan menjaga keluarga kita yah Ly, biar kita saling setia. Karna buat kita "anak-anakNya" pernikahan itukan sekali seumur hidup, till death do us apart. :)

 

At 8:54 PM, Blogger felyina

Aduh....iyo ce.... aku baca tulisane ce Lily ae ya wes berkaca-kaca.... Sweet banget seh si misua itu yah? Koyok dek film-film Korea ae, yah? Punya Misua koyok gitu memang amazing grace dari Tuhan!!!! Semoga aku juga dapet misua yang kayak gitu ah.....

 

At 9:37 PM, Blogger Yossy and Ling

Amin amin. jaman skrg emang mahal dan uda jadi barang langka kesetiaan itu

 

At 8:02 AM, Blogger Patty

TFS ya Ly..
Baca postingan u membuat mata gua berkaca2 & mengingat kembali janji perkawinan gua sendiri. Di jaman skrg ini emang banyak banget org yg dengan gampangnya kawin cerai kawin cerai. Mereka tidak mengingat janji perkawinan yg mereka ucapkan di hadapan Tuhan. Yup, moga kita semua terus diingatkan agar saling setia pada pasangannya sampai maut yg memisahkan.
GBU

 

At 10:34 AM, Blogger fanvin

Dewi : sekali lagi, Amin :)
Fely : semoga fel, kamu dpt yg setia dan sayang ama kamu..
Ling : gimana progress cerita mlaku2nya ?
Patty : heheh, ternyata elo mudah terharu spt aku :P

 

At 11:30 AM, Blogger april

mudah2an keluarga itu diberi kekuatan & ketabahan ya ly...dan keluarga kita semua...amien :)

 

At 1:57 PM, Blogger Zsa Zsa

moga2 si suami diberi kekuatan untuk menemani sekaligus memberi kekuatan pada istrinya untuk sembuh yah, ly.

ps: aku sampe mbrebes mbacanya rek!